Saturday, May 30, 2009

Topik Binus


Binus adalah salah satu university di Jakarta yang terletak di jl. kebon jeruk raya yang bernama kampus Anggrek.

CBDC

Character Building Development Center (CBDC) BINUS UNIVERSITY adalah satu center yang dibentuk sejak tahun 2001 dengan tujuan memfasilitasi pelaksanaan pendidikan karakter untuk seluruh mahasiswa BINUS UNIVERSITY. Pendidikan karakter diperlakukan sebagai bagian integral dari perogram pendidikan yang dikembangkan dan diajarkan di BINUS UNIVERSITY, sebagai wujud nyata pelaksanaan pendidikan manusia seutuhnya. Dari situ diharapkan tamatan dari BINUS UNIVERSITY nantinya tidak hanya pintar dan trampil dalam bidang keilmuan mereka masing-masing, melainkan juga menjadi manusia-manusia yang berwatak dan berkepribadian yang baik, menjadi manusia-manusia yang “Smart anda Good”.

SAC

Student Advisory Center (SAC) adalah sebuah unit layanan yang diperuntukkan bagi semua mahasiswa di BINUS UNIVERSITY, sejak tahun pertama hingga lulus kuliah. SAC menyediakan dukungan dan layanan untuk pengembangan diri mahasiswa, baik secara akademis maupun non akademis.
SAC memiliki 4 sub unit, yaitu: Academic Counselling, General Counselling, Personal Development Skills, dan Mentoring.

  1. Academic Counseling
    Membantu mahasiswa mengatasi permasalahan yang terkait dengan kegiatan akademik, seperti: penurunan prestasi akademis, informasi mengenai persyaratan pengambilan skripsi, dsb.
  2. General Counseling
    Membantu mahasiswa yang memiliki masalah yang sifatnya pribadi, seperti: masalah relasi, manajemen emosi, depresi, dsb.
  3. Personal Development Skills
    SAC mengadakan program-program pelatihan soft skills yang bertujuan untuk pengembangan diri mahasiswa agar mereka menjadi seorang BINUSIAN yang ‘Smart & Good’. Soft skills yang diberikan meliputi academic study skills, personal development skills, dan employability skills.
  4. Mentoring
    Sebuah program yang bertujuan untuk membantu BiNusian dalam meningkatkan prestasi belajar dengan cara menyediakan seorang mentor (mahasiswa high achiever) yang akan membimbing mentee (mahasiswa low achiever) dalam belajar. Untuk mendukung kelancaran program bimbingan belajar ini, SAC menyediakan fasilitas berupa ruang mentoring, sarana komputer dan buku yang dapat digunakan oleh Mentor dan Mentee untuk kelancaran program mentoring.

No comments:

Post a Comment